Pada Jumat tanggal 13 Maret kemarin Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro melakukan soft launching mesin Penjual Tiket otomatis di Stasiun Pasar Senen Jakarta. Diluncurkannya mesin tersebut bertujuan untuk mempermudah pelayanan pembelian tiket bagi para pengguna kereta api.
Peluncuran mesin tersebut merupakan hasil kerjasama antara PT KAI dengan PT Finnet Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan afiliasi PT Telkom dan Bank Indonesia.
Rencananya pada tahap awal akan tersedia 2 vending machine atau e kiosk di St Pasar Senen namun kedepannya akan tersedia di seluruh Stasiun besar di Jawa dan Sumater.
Pada dasarnya sama dengan pemesanan tiket pada umumnya namun proses penginputan data dilakukan sendiri oleh pengguna. Calon penumpang pun dapat memilih tempat duduknya sendiri melalui e kiosk. Pemesanannya pun dapat dilakukan 1 jam sebelum keberangkatan kereta. Setelah memasukkan data ke mesin pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran langsung di mesin tersebut.
Untuk pembayaran sendiri dapat menggunakan uang pecahan 2 ribu hingga 100 ribu. Selain itu dapat menggunakan kartu debit jaringan alto maupun dengan T Money dari Telkom.
Penumpang yang terdaftar secara otomatis memiliki akun di www.delimapoint.com dengan nomor ponsel sebagai nama pengguna.
Dan bagi penumpang yang melakukan pembayaran tunai tanpa uang pas, metode pengembalian melalui uang elektronik dari finnet diatas. Dana yang tersimpan pada akun dapat ditransfer ke rekening bank atau dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, telepon rumah, tv kabel berlangganan, membeli pulsa ponsel, atau tiket KA melalui situs www.delimapoint.com.
Setelah pemesanan dan pembayaran selesai mesin akan mengeluarkan struk bukti pembayaran yang mencantumkan kode pemesanan yang akan digunakan untuk mencetak tiket
Komentar
Posting Komentar